Dampak Negatif Penggunaan Kaus Kaki Terlalu Lama pada Bayi
Lifestyle

Dampak Negatif Penggunaan Kaus Kaki Terlalu Lama pada Bayi

Penggunaan kaus kaki terlalu lama ternyata bisa berdampak buruk bagi pertumbuhan bayi. Meskipun kaus kaki menjadi barang yang tak pernah terlupakan saat kelahiran bayi namun Anda perlu lebih memahami dampak yangdiberikan ketikan digunakan terlalu lama. Nah berikut ini adalah beberapa dampak penggunaan kaus kaki bayi terlalu lama.

  1. Tumbuh Kembang Jari pada Kaki Terlambat

Mungkin Anda sebagai seorang ibu akan selalu mengenakan kaus kaki pada bayi, apalagi bagi bayi yang baru saja lahir. Hal ini sebenarnya sih wajar saja, penggunaan kaus kaki bertujuan untuk mempersempit ruang gerak pada bayi.

Meskipun begitu ternyata ada kalanya bayi juga akan bergerak lincah kesana kemari dan menggerakan kakinya untuk menjangkau sesuatu. Kaus kaki yang digunakan terlalu lama akan membuat jari kaki pada bayi sulit digerakkan dan secara otomatis aka menjadikan jari terhambat pertumbuhannya.

Bayi yang sedang belajar menyentuh beberapa benda yang ada di sekelilingnya akan membutuhkan peran dari jari. Nah agar semua jari bisa bergerak bebas maka Anda perlu membuka kaus kakinya dan berikan sedikit waktu bagi buah hati untuk bergerak.

  1. Memperlambat saat Belajar Berjalan

Penggunaan kaus kaki pada dasarnya sah-sah saja, apalagi bagi Anda yang tingal di daerah yang dingin. Namun penggunaan kaus kaki tidak boleh digunakan terlalu sering pada saat bayi sedang mulai proses belajar jalan, sebab nantinya justru akan membuat kaki menjadi licin dan bayi pun akan mudah terjatuh.

Perlu Anda tahu, belajar jalan menggunakan kaki yang telanjang justru akan membatu bayi mengenali tekstur yang sedang dipijak. Buah hati akan semakin mudah membedakan mana tanah dan juga lantai. Hal ini juga semakin membantu tumbuh kembang dari otot kaki serta jari-jari mungilnya.

  1. Mengganggu Sirkulasi Darah

Meskipun kaus kaki pada dasarnya bisa menghangatkan suhu pada tubuh, namun jika terlalu ketat justru akan menjadikan sirkulasi darah pada kaki bayi semakin terhambat. Selain itu kondisi ini juga akan menimbulkan masalah baru yaitu timbulnya bekas-bekas pada kaki yang tidak berbahaya namun bersifat permanen.

  1. Kuku Tumbuh ke Arah Dalam

Penggunaan kaus kaki yang terlalu sempit dan sering ternyata berdampak buruk pada pertumbuhan kuku. Sebagaimana kuku bayi akan cenderung tumbuh ke arah dalam atau yang dikenal sebagai penyakit cantengan. Kaus kaki yang terlalu sering ternyata menekan bagian kuku dan menjadikannya melengkung ke arah dalam. Jika semakin dalam maka akan menimbulkan rasa sakit.

Nah itu dia dampak negatif penggunaan kaus kaki yang terlalu sering. Penggunaan kaus kaki sebenarnya hal yang wajar namun Anda harus tahu kapan waktu tepat untuk memakainya. Jenis kaus kaki juga harus terbuat dari bahan berkualitas. Anda bisa mengunjungi orami.com untuk mendapatkan kaus kaki berkualitas dan nantikan promo ramadhan 2018 yang diadakan saat bulan ramadhan.