Perhatikan Hal Ini Sebelum Upgrade RAM Laptop
Gadget

Perhatikan Hal Ini Sebelum Upgrade RAM Laptop

RAM atau random acces memory digunakan untuk mempercepat kinerja laptop. Tanpa adanya Ram laptop anda tidak bisa bekerja. Ketika kita membuka suatu program, akan mengurangi memory RAM. Semakin banyak program yang dibuka, akan semakin sedikit pula memory ram. Sehingga laptop lemot dan cepat panas. Untuk membuat kinerja laptop semakin baik, anda harus menambah memory ram didalam laptop. Misalnya ram saat ini hanya 2 Gb, anda bisa menambah menjadi 4 giga. Jika anda ingin menggantinya, perhatikan hal sebelum upgrade ram laptop berikut ini.

Kebutuhan Pengguna

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan laptop untuk pekerjaan ringan, bermain game, edit video, menonton film dan lainnya. Sebelum upgrade ram, coba cek apakah anda membutuhkannya atau tidak. Bila ram yang sekarang,sudah cukup membantu pekerjaan anda lebih baik tidak perlu diupgrade. Tetapi jika anda butuh kinerja laptop yang lebih cepat, anda bisa mengupgradenya lagi.

Prosesor Laptop

Pada saat mengupgrade ram, cek kembali jenis prosesor laptop anda. Karena setiap jenis prosesor memiliki memory ram yang berbeda. Tidak semua jenis ram bisa suport ke laptop anda. Prosesor memiliki kemampuan membaca ukuran maksimal memory. Misal ukuran maksimal 16 GB, sedangkan anda ingin upgrade ke 32 GB. Tentunya ini tidak bisa membuat kinerja laptop semakin baik. jadi sesuaikan dengan jenis dan ukuran prosesor laptop anda.

Sistem Operasi Laptop

Ketika upgrade ram, anda harus memperhatikan sistem operasi di laptop anda. Apakah menggunakan arsitektur 64 bit atau 32 bit. Setiap jenisnya memiliki batas memory yang berbeda. Anda harus tahu batas maksimal, yang mampu dibaca oleh tiap arsitektur. Karena bisa mempengaruhi kinerja laptop anda. Bila tidak sesuai, maka kinerja laptop semakin berat.

Jangan lupa untuk cek masa garansi laptop. Bila masa garansinya belum habis, lebih baik tidak perlu upgrade ram laptop. Karena jika sudah dibongkar, maka masa garansinya hilang. Lebih baik tunggu sampai masa garansinya habis terlebih dahulu. Dengan begitu anda bisa membongkar laptop sesuka hati.